+62 821-1576-4374 info@xpertrainer.com
Follow Us:
Cara Mudah Membuat PPT yang Menarik Sejak Pandangan Pertama, Klien Jadi Betah Nyimak!

3 Jenis Data Visual yang Sering Digunakan di PowerPoint

oleh Widya Widy | 8 Nov 2023

Sudah bukan menjadi sebuah hal baru bahwa saat ini training presentasi banyak dicari untuk bisa
menyajikan data dengan mudah. Salah satunya dengan mengenali apa saja jenis data visual yang
cukup sering digunakan dalam presentasi dengan PowerPoint.

Sebelumnya, Anda perlu tahu dulu apa itu Data visual. Data visual adalah teknik untuk menggambarkan sebuah data atau informasi secara grafik melalui penggunaan berbagai elemen visual seperti grafik. Tujuannya untuk mengubah data yang kompleks atau abstrak menjadi representasi visual yang lebih mudah dipahami, data visual sangat berguna dalam berbagai konteks, mulai dari bisnis, penyajian informasi publik, ilmu pengetahuan, mempermudah dalam analisis data, dan pengambilan yang berbasis bukti data.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan 3 jenis data visual yang sering di gunakan PowerPoint dalam pelatihan presentasi sebagai berikut.

Diagram Lingkaran

Jenis untuk data visual pertama yang cukup banyak digunakan dan bisa pula dipelajari melalui
training desain presentasi yaitu dengan diagram lingkaran atau pie chart. Diagram lingkaran memiliki bentuk visualisasi data yang berbentuk bulat, seperti roda yang dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagian mewakili proporsi atau persentase dari keseluruhan, membuatnya ideal untuk menunjukkan perbandingan dan hubungan antara bagian dan keseluruhan. Diagram lingkaran di PowerPoint adalah alat yang efektif untuk menyajikan data dengan jelas dan ringkas. Pilih jenis diagram yang sesuai dengan data dan tujuan presentasi Anda.

Dengan penggunaan yang tepat, diagram lingkaran akan membantu Anda menyampaikan pesan Anda dengan lebih efektif. Jika kamu belum bisa mengoptimalkan penggunaan data visual dengan tepat, kamu bisa mencoba training presentasi agar presentasimu lebih dipahami oleh audiens.

Diagram Garis

Pada jenis kedua untuk data visual yang cukup sering digunakan serta dipelajari pula melalui training presentasi yaitu terdapat diagram garis yang merupakan dengan fungsi untuk membantu menunjukkan seperti apa perubahan relatif yang ada terhadap sebuah hal selama waktu atau periode tertentu. Tidak jarang pula data kontinu yang digunakan untuk penelitian atau menggambarkan cerita ini ada dalam bentuk unit waktu seperti misalnya dengan hari, bulan, kuartal, bahkan juga tahun.

Perlu untuk diperhatikan dengan baik terlebih dahulu terkait dengan temuan yang sudah didapatkan sehingga bisa untuk dipresentasikan dengan baik seperti apa pandangan yang dimiliki kepada audiens sesuai dengan yang diinginkan.

Diagram Batang

Pada jenis data visual yang ketiga kali ini cukup sering ditemui bahkan juga menjadi hal dasar yang dipelajari saat menggunakan atau mengikuti training presentasi yaitu ada diagram batang dan banyak digunakan saat ingin menunjukkan seperti apa hubungan yang dimiliki oleh antar variabel yang ada.

Banyak yang lebih memilih untuk menggunakan diagram batang ini dikarenakan lebih mudah saat harus dibaca oleh mata sehingga pembaca atau audiens dapat memahami apa yang ingin disampaikan melalui data tersebut dengan lebih baik. Di sisi lain, bentuk dari diagram batang ini yang sering digunakan dalam PowerPoint yaitu dengan mode dua dimensi agar mudah dibaca.

Manfaat Data Visual Menurut Training Presentasi

1. Menyampaian informasi lebih efektif

Keberhasilan presentasi sangat bergantung pada kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dimengerti. Penggunaan data visual dalam training presentasi membantu mencapai hal ini. Data visual, seperti grafik dan diagram, dapat mengubah data yang kompleks menjadi gambaran yang lebih sederhana dan memudahkan audiens Anda untuk memahami informasi yang disampaikan. 

 

2. Meningkatan tingkat retensi informasi

Studi menunjukkan bahwa manusia cenderung lebih baik dalam mengingat informasi yang disajikan secara visual dibanding teks. Dalam konteks training presentasi, penggunaan data visual membantu audiens Anda untuk lebih lama mengingat pesan yang Anda sampaikan. Ini karena gambar, grafik, dan diagram dapat membuat informasi lebih melekat dalam ingatan para audiens.

3. Membuat Presentasi Lebih Menarik

Penting untuk membuat presentasi Anda menarik. Data visual, seperti grafik, diagram, dan grafik garis, memiliki daya tarik visual yang dapat membuat presentasi Anda lebih menarik. Ketika audiens Anda merasa terlibat dan tertarik, mereka lebih cenderung memahami dan mengingat pesan yang Anda sampaikan. Dengan begitu, presentasi Anda akan menciptakan kesan yang lebih kuat dan efektif.

Dengan memahami dan mengimplementasikan manfaat penggunaan data visual dalam pelatihan presentasi, Anda dapat meningkatkan kualitas dan dampak dari setiap presentasi yang Anda berikan.

Rekomendasi Training Presentasi

Setelah membaca mengenai jenis data visual yang ada, perlu dipahami bahwa ada beberapa pelatihan presentasi yang bisa diikuti dengan mudah. Salah satunya yaitu dengan mengikuti program pelatihan yang ada di Xpertrainer yaitu workshop Desain Presentasi Powerpoint Profesional yang bisa membantu Anda dalam melatih skill mendesain presentasi PowerPoint Anda agar lebih atraktif dan profesional  untuk menunjang bisnis atau pekerjaan Anda. Informasi mengenai training yang lebih lanjut dapat dibaca melalui website xpertrainer.com.