+62 821-1576-4374 info@xpertrainer.com
Follow Us:
Cara Mudah Membuat PPT yang Menarik Sejak Pandangan Pertama, Klien Jadi Betah Nyimak!

4 Alasan Mengapa Anda Perlu Ikut Training Desain Presentasi

oleh Widya Widy | 25 Okt 2023

Dalam dunia profesional atau dunia kerja, Anda memiliki berbagai pilihan pelatihan SDM yang dapat Anda ikuti baik secara mandiri atau melalui penugasan dari kantor. Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan untuk mengikuti training desain presentasi.

Ketika Anda memasuki dunia kerja yang profesional, Anda mungkin semakin menyadari betapa pentingnya desain presentasi dalam menyajikan informasi secara efektif. Setidaknya, coba bandingkan beberapa desain dengan tampilan yang berbeda-beda secara bersamaan. Kemudian, Anda bisa nilai sendiri mana presentasi yang lebih baik dan lebih mudah membantu Anda memahami isinya.

Dengan demikian,  bisa dibilang bahwa training seperti ini sama pentingnya dengan jenis pelatihan lain yang umumnya disediakan untuk para profesional di dunia kerja seperti Anda. Apabila Anda masih ragu atau ingin mencari informasi lebih dalam lagi, silahkan simak dulu 4 alasan utama mengapa training desain presentasi penting untuk karir Anda.

Presentasi Mempengaruhi Keputusan

Tidak semua presentasi punya pengaruh besar bagi karier Anda. Ada beberapa presentasi yang bisa Anda sajikan dengan simpel dan to-the-point karena kurang penting dan tidak berdampak signifikan bagi bisnis.

Sementara itu, ada beberapa jenis presentasi yang punya dampak signifikan bagi karier Anda. Pasalnya, jenis presentasi yang seperti ini berpengaruh penting bagi perusahaan secara keseluruhan. Contohnya presentasi di depan dewan direksi, calon investor, sales pitching, hingga presentasi dalam acara pelatihan online untuk membahas soal perusahaan Anda.

Beberapa jenis presentasi yang seperti itu bisa dibilang sama seperti mengiklankan perusahaan, bahkan tanpa harus melakukannya secara blak-blakan. Dalam kasus seperti ini, kualitas presentasi harus diakui memiliki dampak langsung pada hasil yang diinginkan.

Desain Mewakili Perusahaan Anda

Dalam dunia profesional kerja, desain presentasi tidak hanya tentang kerapian atau keindahan tampilannya. Setiap aspek dalam presentasi sangat penting bagi keberhasilan Anda sebagai presenter atau penyaji. Desainnya akan berdampak besar, bahkan meskipun agenda presentasi tersebut belum memberikan hasil yang Anda inginkan.

Mengapa? Karena desain presentasi berkaitan erat dengan bisnis atau perusahaan Anda. Hal paling dasar yang perlu Anda pahami bahwa desain dalam presentasi juga merupakan bagian dari branding. Artinya, desain tersebut harus bisa mewakili seperti apa karakteristik, nilai, hingga budaya perusahaan.

Selain itu, desain yang baik juga berdampak positif pada perusahaan Anda. Meskipun tidak selalu berdampak langsung, desain pada presentasi juga bisa berdampak pada angka penjualan produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Lewat training desain presentasi, Anda pun akan bisa memahami dengan lebih baik seberapa pentingnya peran desain dalam branding perusahaan. Bahkan, training desain presentasi juga dapat membantu Anda memahami lebih jauh bagaimana kaitan antara desain pada presentasi terhadap profitabilitas.

Ada Ilmu di Balik Presentasi yang Bagus

Saat Anda mengikuti pelatihan, Anda ingin tahu apa saja knowledge hingga skill baru yang bisa Anda dapatkan, bukan? Atau Anda jelas akan mengecek informasi training untuk mencari tahu bagaimana pelatihan tersebut bisa meningkatkan level pengetahuan atau skill yang telah Anda miliki. Oleh karena itu, training desain presentasi menawarkan alternatif yang lebih terstruktur daripada belajar otodidak tanpa kurikulum dan panduan.

Sebagai contoh, tahukah Anda kalau pemilihan warna bisa berpengaruh pada perilaku dan keputusan audiens yang menyimak presentasi Anda? Kalaupun Anda sudah tahu, pertanyaan selanjutnya adalah apakah Anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan warna yang tepat ke dalam desain presentasi Anda?

Salah satu mitra pelatihan yang menyediakan training desain presentasi adalah Xpertrainer. Melalui program Workshop Desain Presentasi PowerPoint Profesional, Anda bisa mencari tahu cara yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian audiens lewat desain presentasi PowerPoint yang powerful dan profesional.

Dengan mempertimbangkan fakta bahwa tampilan visual dapat diproses oleh otak 60 ribu kali lebih cepat dibandingkan tampilan teks, tentu tak heran jika aspek visual yang tertuang pada desain perlu mendapatkan perhatian khusus. Jadi, Anda bisa membuat presentasi yang desainnya tak hanya menarik dan sesuai dengan brand guideline perusahaan, tapi juga powerful dan memberikan dampak signifikan.

Melalui program dari Xpertrainer ini, Anda akan dipandu oleh trainer profesional serta asisten trainer berpengalaman dan dengan mempertimbangkan bahwa pelatihan ini diadakan untuk presentasi PowerPoint, artinya Anda tak perlu jago dalam dunia desain grafis untuk mengikutinya. Dengan demikian, pelatihan dari Xpertrainer ini bisa diikuti oleh siapa saja tanpa memandang background skill atau profesi.

Bahkan, pelatihan ini bisa membantu Anda menambah basic skill dalam hal desain. Karena Xpertrainer merancang program ini dengan memasukkan materi wireframing technique untuk presentasi yang berkaitan dengan tata letak atau layout konten dalam presentasi, pemilihan kombinasi warna untuk desain presentasi, hingga teknik pemilihan gambar beserta elemen-elemen grafis lain yang dibutuhkan dalam presentasi.

Dan pastinya, Anda tidak hanya akan belajar tentang teori saja. Setelah menyelesaikan materi teori, Anda bisa mencoba mempraktikkan teori yang telah dipelajari sebelumnya. Bahkan, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk membedah desain-desain presentasi untuk dipelajari.

Presentasi Membutuhkan Waktu

Sementara itu, proses pembuatan desainnya tidak memakan waktu singkat — Anda bisa butuh waktu berjam-jam hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu untuk mendesain, mengedit, dan menyesuaikan isinya. Pasalnya, dalam desain presentasi terdapat berbagai elemen-elemen desain yang harus Anda pilih dan gunakan secara cermat untuk menghasilkan file presentasi yang efektif. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa usaha yang Anda keluarkan dalam proses ini menghasilkan hasil yang memuaskan.

Dengan mengikuti pelatihan desain presentasi seperti yang diadakan oleh Xpertrainer, Anda bisa meningkatkan efektivitas hingga efisiensi waktu dan tenaga yang Anda gunakan untuk membuat desain presentasi. Apalagi ketika Anda melakukannya dari nol.

Apabila Anda membuat desain presentasi dari nol tanpa ilmu yang tepat, sama saja seperti Anda hanya asal-asalan mendesain tapi mengharapkan hasil yang optimal. Sementara itu, ilmu dan skill yang Anda dapatkan dan tingkatkan lewat training desain untuk presentasi bisa bantu Anda menggunakan waktu dan tenaga dengan lebih baik, dan Anda juga tahu dengan lebih jelas seperti apa hasil yang bisa Anda peroleh lewat desain yang sudah Anda buat.