+62 821-1576-4374 info@xpertrainer.com
Follow Us:
Cara Mudah Membuat PPT yang Menarik Sejak Pandangan Pertama, Klien Jadi Betah Nyimak!

Ikuti Tips Ini untuk Membuat Desain Presentasi yang Menarik dengan PowerPoint

oleh Widya Widy | 31 Okt 2023

Pada beberapa jenis pekerjaan serta perkuliahan, pembuatan presentasi sering menjadi skill atau kemampuan yang dibutuhkan. Ini karena presentasi diharapkan nantinya bisa menarik perhatian dari para audiens serta bisa dengan mudah untuk dipahami. Oleh sebab itu, sekarang ini banyak jasa pelatihan desain presentasi yang menawarkan jasanya supaya presentasi dibuat bisa terlihat profesional.

Salah satunya, Xpertrainer yang menawarkan workshop Desain Presentasi PowerPoint Profesional untuk Anda yang ingin belajar membuat desain yang powerful dan menarik perhatian. Sebelum mengikuti pelatihan desain presentasi, Anda perlu tahu apa saja tips-tips desain presentasi agar PowerPoint Anda menarik perhatian audiens.

Tips Membuat Desain Slide PowerPoint yang Menarik

  • Memilih Desain Tepat

Pilih desain tepat adalah langkah pertama. Pada desain PPT tambahkan warna serta elemen tertentu. Lalu, pakai template dan sejumlah font yang cocok untuk materi presentasi. Anda bisa pakai font Arial, Verdana, dan lainnya jika presentasi formal. Selain itu, Anda perlu memilih warna background dan teks yang kontras.

 

  • Susun dengan Baik Kerangka Presentasi

Susun kerangka presentasi sebaik mungkin. Anda bisa pakai susunan kerangka seperti judul, daftar isi, pendahuluan, isi, serta penutup. Dengan demikian, presentasi bisa tersusun dengan baik serta sesuai materi ingin disampaikan.

 

  • Hindari Pemakaian Teks Berlebihan

Walaupun biasanya materi presentasi banyak, tapi pada slide Anda hanya perlu tulis beberapa kata inti serta materi yang ingin disampaikan. Hindari pemakaian teks secara berlebihan pada slide karena akan buat PPT tampak bertumpuk. Tak hanya itu, audiens hanya akan baca slide tanpa perlu penjelasan Anda. Jadi, Anda bisa pakai kata singkat langsung ke inti materi. Pakai gambar yang membantu dalam menjelaskan materi lebih koheren.

 

  • Gunakan Visual untuk Menjadi Fokus

Visual baik akan menarik audiens membaca teks PPT. Oleh sebab itu, pakailah visual untuk menjadi fokus utama di dalam penyampaian materi. Beberapa jenis visual bisa dipakai seperti foto, diagram, ikon, video, teks, serta data.

 

  • Hadirkan Sejumlah Slide yang Interaktif

Anda bisa buat slide interaktif. Contohnya seperti pertanyaan sebelum Anda memulai presentasi hingga gambar atau video yang menarik. Dengan ini, maka slide semakin berwarna dan PPT pun tidak terlihat terlalu kaku. Tambahkan animasi dan transisi pada sejumlah slide supaya lebih menarik lagi. 

 

  • Tentukan Judul Kreatif

Pakai judul yang mencakup semua materi presentasi supaya audiens bisa paham apa yang akan disampaikan dari judul.

 

  • Buat Slide Seminimalnya

Buat jumlah slide yang seminimal mungkin agar audiens tidak bosan dengan materi yang disampaikan. Anda perlu sesuaikan jumlah slide dan waktu presentasi.

Mengapa Perlu Ikut Pelatihan Desain PowerPoint?

Mungkin banyak yang ingin ikut pelatihan desain powerpoint tapi masih merasa ragu tentang seberapa pentingnya pelatihan ini. Ada banyak manfaat bisa didapatkan dari ikut pelatihan desain presentasi, contohnya bisa memanfaatkan fitur Microsoft PowerPoint dengan penuh. Lalu, lebih dalam mengenal fungsi-fungsi Microsoft PowerPoint. Serta, pengguna bisa dengan mudah buat presentasi menarik di Presentasi ini seperti memakai flash.

Pelatihan Desain Presentasi di Xpertrainer

Di Xpertrainer menyediakan berbagai macam pelatihan, salah satunya training desain presentasi. Spesial di bulan November, Xpertrainer mengadakan public Training SpeeDesain-Belajar Desain Presentasi PowerPoint yang Hemat Waktu. Public Training ini akan diadakan secara offline di Jakarta pada tanggal 25 November 2023. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan Anda  dalam dunia bisnis, early bird sampai 11 November.