+62 821-1576-4374 info@xpertrainer.com
Follow Us:
Pelatihan Produktivitas Kerja: Menjaga Fokus dan Efisiensi

Pelatihan Produktivitas Kerja: Menjaga Fokus dan Efisiensi

oleh Widya Widy | Update: 05 Juni 2024

Di dalam pekerjaan, tentu harus selalu produktif dan untuk meningkatkan produktivitas tersebut ada banyak caranya, salah satunya yakni dengan ikut pelatihan produktivitas kerja. Produktivitas kerja itu penting dan berpengaruh besar juga pada perusahaan. Memangnya apa pengaruh atau manfaat produktivitas kerja terhadap perusahaan itu? Simaklah pembahasan berikut mengenai produktivitas kerja.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja mempunyai 2 dimensi, yang pertama yaitu efektivitas yang berkaitan dengan kualitas, kuantitas serta waktu. Kemudian yang kedua adalah efektivitas yang berkaitan dengan usaha membandingkan input dengan realisasi pengguna. Meningkatkan produktivitas kerja, maka berarti juga akan dapat meningkatkan efektivitas, fokus dan juga efisiensi kerja.

Dengan produktivitas kerja yang meningkat, tidak hanya berdampak positif pada pengembangan diri sendiri, namun juga pada perusahaan itu. Maka dari itu, Anda sebagai karyawan dapat melakukan berbagai cara meningkatkan produktivitas kerja. Saat ini telah banyak hadir di Indonesia berbagai program training produktivitas kerja yang dapat diikuti.

Program pelatihan produktivitas kerja seperti ini tentunya dapat membantu sekali dalam meningkatkan produktivitas kerja mengingat hal itu sangat dibutuhkan di perusahaan. Tentu Anda tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, bukan?

Pentingnya Produktivitas Kerja Terhadap Perusahaan

Seperti yang diketahui sebelumnya, produktivitas kerja meningkatkan efektivitas, dan efisiensi kerja. Ketika efektivitas, fokus dan efisiensi kerja meningkat, maka sangat memungkinkan juga kualitas hasil kerjanya meningkat. Dari sini sudah terlihat bahwa itu nantinya berpengaruh juga pada perkembangan perusahaan. Berikut manfaat produktivitas kerja terhadap perusahaan.

1. Berdampak pada Peningkatan Keuntungan Perusahaan

Salah satu contoh seorang karyawan yang produktif dalam bekerja adalah menjamin pekerjaannya bisa selesai dengan baik dalam durasi waktu yang sudah disediakan perusahaan, atau bahkan bisa juga lebih singkat. Berarti, tak ada waktu yang terbuang dengan sia-sia. Apabila sudah bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang disediakan atau lebih singkat, maka lebih banyak juga keuntungan untuk perusahaan.

2. Menghadirkan Lingkungan Kerja yang Positif di Perusahaan

Produktivitas kerja bisa juga menciptakan lingkungan kerja positif. Karena karyawan yang produktif bisa memiliki semangat serta motivasi kerja, dan semangat kerja itu bisa ditularkan kepada rekan kerjanya yang lain. Sehingga, jika semuanya termotivasi kerja, tercipta budaya kerja produktif di perusahaan.

3. Tercipta Kepuasan Pelanggan

Apabila karyawan bisa bekerja dengan produktif, alur pekerjaan bisa selesai dengan baik dan terkendali. Sehingga, perusahaan jadi lebih fokus pada layanan pelanggan. Karena pekerjaan lain sudah terkoordinasikan dengan baik, perusahaan bisa fokus memberi pelayanan terbaik pada pelanggan dan fokus berupaya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Itulah pentingnya produktivitas kerja terhadap perusahaan. Apabila Anda sedang atau akan mengikuti program pelatihan produktivitas kerja, maka pergunakan dengan baik dan maksimalkanlah pelatihan tersebut. Anda bisa menambah ilmu mengenai produktivitas kerja dengan mengikuti pelatihan Task Management di Xpertrainer. Hubungi Xpertrainer untuk informasi lebih lanjut.

Dalam topik: produktivitas kerja,training produktivitas kerja,pelatihan produktivitas kerja,